Apakah Anda Perlu Website Untuk Usaha Travel Agent Anda?

Salah satu pertanyaan yang sering saya dengar adalah tentang perlu tidaknya website untuk usaha, termasuk website untuk usaha travel agent. Di jaman digital ini, menarik melihat banyak orang masih mempertanyakan satu hal yang sebenarnya merupakan hal basic. Namun saya memahami mengapa para pemilik travel agent masih ragu-ragu tentang perlu tidaknya mereka memiliki website.

Yuk, kita kupas tuntas!

Kalau Anda bertanya pada saya, jawaban saya pasti: ya, Anda perlu memiliki website untuk usaha travel agent Anda.

Namun, saya akan melanjutkan jawaban saya tersebut dengan pertanyaan balik: tapi siapkah Anda untuk memiliki website, mulai dari saat merancang, mencari vendor untuk pengerjaan, sampai setelah website selesai dan launch?

Siapkah Anda memelihara website Anda?

Punya website saja tidak cukup. Ibarat hutan belantara, banyak tanaman setiap hari bertumbuh. Tanaman Anda harus dipupuk agar selalu segar, tumbuh menjulang mengalahkan para tanaman lain di sekitarnya. Butuh perawatan terencana hingga tanaman Anda berbuah.

Saya melihat banyak kasus di mana pemilik usaha mengidamkan satu website, setelah website live, berharap para pelanggan akan datang dan bisnis naik pesat. Tidak seperti itu, kawan.

Untuk menghindarkan Anda dari kesia-siaan seperti website yang terlantar, kita lihat terlebih dulu website seperti apa yang Anda butuhkan.

Mungkin Anda mengidamkan website seperti Traveloka atau Agoda.

Bisa saja, kalau Anda punya dana paling tidak 300 juta rupiah untuk pembuatan website dan booking system-nya. (Itu baru biaya pembuatan saja ya, dan patokan harga termurah yang bisa saja naik setiap saat. Belum termasuk bayar server setiap hari, penambahan fitur baru, pengisian konten secara teratur.)

Bikin website seperti yang dimiliki para OTA itu mahal.

Dan seperti saya singgung di tulisan sebelumnya, Anda tidak perlu susah payah berkompetisi di bidang teknologi dengan para OTA itu. Sudah pasti kalah.

Website Untuk Usaha Travel Agent Anda
Jaman sekarang, wajib punya website untuk usaha travel agent, tapi tidak sekadar punya!

Tujuan memiliki website untuk usaha travel Anda

Website yang saya sarankan untuk travel agent rumahan, travel agent offline, travel agent konvensional, cukuplah untuk memenuhi tujuan sebagai berikut:

  1. Katalog produk
    Produk seperti paket wisata yang Anda jual, akan lebih baik jika diunggah ke website. Jika kelak ada calon pelanggan yang ingin mendapatkan informasi detail tentang paket tersebut, Anda tinggal kasih tautan ke halaman yang terkait. Tidak perlu copy paste lagi. Pun, ini akan memudahkan orang-orang yang ingin merekomendasikan jasa Anda. Mereka bisa share link ke website Anda.

  2. Memperkuat branding usaha Anda
    Memiliki website (yang layak dan selalu update, pastinya, bukan yang acak-acakan) bisa meningkatkan image atau citra akan brand usaha Anda. Orang akan melihat bahwa travel agent Anda selalu update dengan situasi terkini, bisa diandalkan karena memiliki informasi super lengkap, dan profesional karena memiliki katalog produk yang meyakinkan. Plus, Anda bisa mencantumkan alamat website di kartu nama Anda, sehingga kelak jika jejaring Anda ingin refresh memory mereka tentang usaha Anda, mereka hanya perlu mengunjungi website Anda.

  3. Memperluas jejaring pemasaran
    Data menunjukkan, 45% pencarian di Google dilakukan oleh orang yang mencari jasa di sekitar mereka. Apabila Anda tidak memiliki website, besar kemungkinan Anda akan melewatkan potensi mendapatkan klien dari pencarian Google ini. Selain itu, website bisa diakses dari segala penjuru. Anda bisa mentargetkan market dari mana saja, tanpa batas. Website membuat usaha Anda bisa diketahui oleh orang-orang dari beragam lokasi, dan bisa diakses selama 24 jam.

Tiga tujuan di atas bisa menjadi alasan utama mengapa Anda harus memiliki website untuk usaha travel agent Anda.

Untuk mencapai tiga tujuan tersebut, website Anda tidak perlu secanggih Traveloka. Karena berulang kali saya tegaskan, membangun website seperti punya OTA itu berat, dan mahal. (Ada sih trik seputar website OTA ini, akan saya bahas di tulisan selanjutnya.)

Saya menemukan satu website yang menarik, yang dimiliki oleh satu perusahaan rental mobil di Bali. Rentalmobilbali.net menduduki halaman pertama di Google untuk berbagai kata kunci. Jika Anda kunjungi, website mereka terlihat sederhana namun apik. Informasi yang mereka miliki pun lengkap sekali, tidak hanya membatas rental mobil namun Anda juga bisa menemukan informasi lengkap tentang Pulau Bali. (Disclaimer: saya tidak punya hubungan apapun dengan Rentalmobilbali.net, bahkan kenal dengan pemiliknya pun tidak. Saya menemukan website ini ketika melakukan riset tentang website usaha pariwisata di Bali.)

Website vs media sosial

Pertanyaan selanjutnya yang sering saya dengar adalah: “Saya sudah memiliki akun Instagram dan Facebook. Apakah saya perlu memiliki website juga?”

Jawaban saya: ya, Anda tetap perlu website dengan catatan Anda punya sumber daya dan waktu untuk memelihara website Anda.

Mengapa?

Mungkin saat ini tren untuk mencari paket tour, apalagi open trip, di Instagram cukup kencang. Namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang.

Tren bisa silih berganti. Bisa pula, platform yang Anda andalkan mendadak tutup atau di-banned di negara tertentu. Algoritma di platform tersebut bisa saja berganti, membuat akun Anda tidak sepopuler biasanya.

Atau, karena pelanggan Anda berganti selera mengikuti tren, mereka tidak lagi punya akun media sosial.

Karena itu memiliki website tetap penting. Pelanggan Anda akan tetap bisa menemukan informasi tentang travel agent Anda melalui website. Jadikan website sebagai jangkar dari kehadiran bisnis Anda di dunia digital.

Simpulan

Bagi saya, memiliki website untuk usaha travel agent adalah satu kewajiban. Namun, perlu dirinci terlebih dulu, website seperti apa yang perlu Anda punya. Dan perlu dipastikan, apakah Anda memiliki waktu dan sumber daya untuk maintain alias memelihara agar website tersebut selalu up-to-date.

Nantikan tulisan-tulisan selanjutnya yang akan mengulas banyak sisi tentang website travel agent yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat bisnis Anda. Karena itu, tidak ada salahnya berlangganan newsletter kami agar Anda selalu jadi orang pertama yang menerima informasi dari BisnisTravelAgent.com. Cukup masukkan alamat email Anda di kolom yang terpampang di baris teratas halaman ini. Yuk!

1 thought on “Apakah Anda Perlu Website Untuk Usaha Travel Agent Anda?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *