The 10 New Bali, Sudahkah Anda Tahu dan Bersiap-siap?

Kekayaan alam dan budaya Indonesia yang beraneka ragam membuat Pemerintah RI mencanangkan 10 destinasi sebagai “The 10 New Bali”.

Sudah banyak dipahami, Bali adalah pusat pariwisata Indonesia. Dahulu, bahkan Bali lebih terkenal daripada Indonesia. Tidak heran, kekayaan alam dan budaya Bali menarik minat orang asing sejak tahun 1908. Setelah itu, beberapa seniman asing seperti Antonio Blanco datang dan menetap di Bali, membuat Bali kian tersohor di mata pelancong mancanegara. Namun, apakah Indonesia hanya punya Bali saja? Tentu saja tidak.

Diharapkan, wisatawan tidak hanya terpusat ke Bali, namun juga bisa menikmati sisi lain dari Indonesia dengan mengunjungi 10 destinasi baru yang tidak kalah pesonanya dari Bali.

Sejak tahun 2015, Pemerintah sudah berinisiatif seperti bisa dilihat pada surat Presiden kepada Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 tentang pariwisata. Juga, tersebut arahan presiden pada sidang kabinet 4 Januari 2016 yang menetapkan The 10 New Bali.

Sejak 2016 pun, pemerintah selalu mengumandangkan rencana The 10 New Bali ini di setiap kesempatan, misalnya saat roadshow ke Austria, atau saat pertemuan IMF-Bank Dunia di tahun 2018.

Danau Toba sebagai The New Bali
Danau Toba sebagai The New Bali

10 destinasi pilihan sebagai The 10 New Bali

  1. Danau Toba
    Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara merupakan danau air tawar terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Terdapat Pulau Samosir di tengah danau. Keindahan Danau Toba sudah banyak diakui oleh turis manca dan turis domestik.
  2. Tanjung Kelayang
    Tanjung Kelayang terletak di Belitung. Pantai yang indah, pasir putih, dan batu-batu gigantik memesona para pengunjung. Pantai di Tanjung Kelayang berwarna biru kristal dan jernih.
  3. Tanjung Lesung
    Terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung menawarkan pantai yang indah dengan hamparan pasir putih.
  4. Kepulauan Seribu
    Seperti tercermin dari namanya, Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau-pulau kecil nan cantik. Yang sudah banyak dikunjungi pengunjung seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung.
  5. Borobudur
    Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di seluruh dunia. Terletak di antara Kota Magelang dan Yogyakarta, Candi Borobudur menarik minat jutaan wisatawan setiap tahunnya.
  6. Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS)
    Kawasan Bromo merupakan destinasi yang unik. Para pelancong dapat menyewa Jeep atau motor untuk sampai ke titik pandang di mana mereka bisa menikmati matahari terbit yang mistis. Setelah matahari terbit, mereka bisa mengeksplor kawasan BTS.
  7. Mandalika
    Lombok yang bertetangga dengan Bali sudah menarik perhatian wisatawan sejak lama. Di bagian selatan pulau ini, terdapat area Mandalika yang berpotensi mendatangkan para peselancar (surfers) dan pecinta pantai.
  8. Labuan Bajo
    Labuan Bajo adalah titik paling barat dari Flores. Terkenal karena komodo, pulau-pulau di destinasi ini menawarkan pesona yang beragam, seperti Padar Island, Komodo Island, Pink Beach, dan Rinca Island.
  9. Wakatobi
    Wakatobi merupakan singkatan bagi empat pulau di area ini yaitu Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wakatobi sudah terkenal sebagai destinasi diving paling cantik di dunia. Kekayaan laut di daerah ini sungguh mengagumkan para penyelam.
  10. Morotai
    Pulau Morotai acap disebut sebagai “Hidden Paradise”. Wisatawan dapat melihat peninggalan bersejarah dari Perang Dunia II, dan juga kekayaan alam seperti ombak dan lautannya. Ada juga museum Perang Dunia II di bawah laut yang menarik minat para penyelam.

4 destinasi prioritas

Dari 10 destinasi di atas, pemerintah menetapkan 4 destinasi sebagai prioritas. Mereka adalah Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Lake Toba. (Sumber: Situs BKPM)

Keempat destinasi tersebut dianggap sudah memiliki faktor 3A yaitu Atraction, Access dan Amenity. Ketiga faktor ini merupakan indikator apakah sebuah destinasi sudah siap menyambut wisatawan.

Pemerintah terus menggalang investor agar mendukung program The 10 New Bali ini.

Sebagai pengusaha travel agent, tentunya Anda bisa bersiap sedari sekarang dengan menyiapkan paket-paket wisata yang menarik ke 10 destinasi andalan di atas. Meskipun Bali masih bisa diandalkan, namun ada baiknya Anda bersiap dengan paket wisata destinasi lain seperti The New 10 Bali.

Dan seperti biasa, jangan lupa pantau terus BisnisTravelAgent.com untuk mendapatkan informasi seputar usaha travel agent dan informasi berharga tentang pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *