Ingin Buka Usaha Travel Agent?

Anda mungkin pernah mendengar seorang pembicara di televisi bilang, “Bikin travel agent jaman sekarang itu, mudah!”

Atau mungkin pernah sebuah iklan di Facebook mampir ke newsfeed Anda. Menawarkan seminar, pelatihan, pendaftaran untuk buka usaha travel agent.

Semua terdengar mudah.

Kenyataannya, sebagaimana semua hal dalam hidup ini, tidak semudah yang gencar dipromosikan.

Tapi juga tidak sulit sih.

Gampang gampang susah, mungkin begitu.

Buka usaha travel agent memang mudah – dengan catatan: kalau sekedar buka.

Kalau untuk mendapatkan tamu? Menghasilkan uang yang layak untuk menjadi sumber penghidupan?

Di situlah susahnya.

Sebenarnya, ini sama saja sih dengan semua usaha yang ada di muka bumi ini. Kalau Anda memang berusaha keras dan ‘berjodoh’ di situ, sukses terasa ada dalam genggaman.

Sebaliknya, kalau ‘jiwa’ Anda tidak ada di jenis usaha yang Anda pilih – apapun itu – mau jungkir balik pun, rasanya gitu-gitu aja hasil yang Anda raih.

Ibaratnya gini aja, kalau Anda ingin buka usaha travel agent, Anda harus siap melayani pelanggan yang punya seribu macam kelakuan. Siapkah Anda?

Diganggu telpon tengah malam karena tamu tidak bisa check-in di hotel, padahal pemesanan sudah terkonfirmasi. Siapkah Anda?

Mencoba memenangkan tender satu group yang lumayan, yang ‘printilan’-nya buanyak banget mulai dari urus transportasi, penginapan, makan, tour guide…. Belum kalau dapat klien yang doyan nawar dan suka membandingkan penawaran Anda dengan penawaran travel agent kompetitor.

Belum lagi – ini momok para travel agent sekarang ini – siapkah Anda bersaing dengan OTA (Online Travel Agent) macam Traveloka, Booking, Agoda dan sejenisnya?

Saya nggak bermaksud menakut-nakuti lho. Yang saya paparkan di atas itu berdasar pengalaman pribadi saya, yang sejak tahun 2000 sudah menceburkan diri di dunia pariwisata.

Dan lewat blog ini, perkenankan saya membagikan pengalaman saya, plus pembelajaran yang saya dapat selama berkecimpung di industri pariwisata ini.

Agar Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang industri pariwisata, dan benar-benar siap jika ingin membuka usaha travel agent.

Jika Anda ingin memberi masukan, atau punya pertanyaan, silakan hubungi saya lewat halaman Kontak.

Dan terima kasih banyak telah mampir di blog ini!